Toyota: Perubahan Model Avanza Sedang Diriset

Foto : detikOto

Jakarta – Dalam siklus mobil Toyota, biasanya mereka selalu melakukan facelift dalam jangka waktu 2-3 tahunan. Kini sudah setahun lebih Avanza tidak mengalami perubahan. Apakah tahun depan Avanza akan mengalami penyegaran?

“Ya kalau Toyota selalu melakukan studi model apapun, karena yang namanya pasar, sudah diriset dari sekarang, cuma masalah timing itu masih dikaji,” ujar PR Manager PT Toyota-Astra Motor Rouli H Sijabat kepada detikOto.

Toyota, lanjut Rouli, masih cukup puas dengan performa Avanza, terutama dari sisi penjualan. Karena Avanza masih menjadi pilihan utama di segmen Low MPV (MPV kelas bawah).

Sebelumnya mari kita simak dulu perjalanan Avanza dan perubahan modelnya di Indonesia:

Desember 2003 Avanza generasi pertama diluncurkan

2006: Perubahan pertama Avanza (minor change atau perubahan ringan), Avanza kini mengusung mesin VVT-i dengan eksterior dan interior terbaru. Tahun ini juga Toyota memperbaiki kenyamanan berkendara Avanza gen 1.

2008: 2 tahun berselang, Toyota mempermak lagi Avanza, dengan perubahan pada desain interior dan eksterior.

2009: Toyota menambahkan varian Avanza, yakni 1.3 G otomatis

2010: Toyota menambahkan varian Avanza 1.3 otomatis

2011: Toyota memperkenalkan generasi kedua Avanza. Di tahun ini juga Veloz diperkenalkan. Varian baru yakni 1.5 Veloz otomatis dan manual serta tambahan 1.5 G manual

2013: Toyota mempermak Avanza generasi kedua dengan penambahan fitur keselamatan seperti airbag. Toyota pun memperbaiki kenyamanan khususnya pada jok dan mengurangi kebisingan di dalam kabin Avanza.

Namun Rouli menambahkan agar pasar tidak bosan, pastinya Toyota selalu menambahkan pilihan pada Avanza. Yang terbaru seperti Avanza Luxury. “Jadi dengan adanya Avanza Luxury, walaupun Avanza ini mobil sejuta umat, tetapi modelnya berbeda,” ujar Rouli.

Jadi apakah akan menambah varian Avanza lagi? “Penambahan model belum ada, yang sekarang adalah bagaimana menyeimbangkan antara permintaan dan pasokan, karena tiap daerah beda-beda, ada yang pasokan kurang, tetapi permintaannya tinggi, jadi konsumen enggak nyaman,” ujarnya.

Pop You Up Lanjut Terus Tahun Depan

Sementara itu mengenai event Pop You Up senderi tidak akan berhenti di tahun ini. Program yang mengumpulkan penggemar modifikasi Avanza itu dipastikan akan berlanjut tahun depan.

“Tahun depan akan kita lanjutkan Pop You Up karena Avanza ini ada di mana-mana, kalau saya bilang di kampungjeung (dan) di kota ada, dari Banda Aceh, Merauke ada,” ujarnya.

“Kami gembira lah melihat animo peserta dari Bandung ini dan kebanyakan dari pengguna langsung yang melakukan ubahan sesuai dengan kepribadian mereka, perubahan sekecil apapun membuat mobil jadi berbeda, walaupun sejuta umat hanya ada satu mobil itu. Mereka juga antusias mendapatkan coaching clinic karena ini penting juga karena mereka bisa menjadi duta atau ambassador cara berkendara yang baik, aman dan nyaman,” ujarnya ketika ditemui di sela-sela coaching clinic Avanza di Bandung pekan lalu.

Dadan Kuswaraharja-detikOto

ALL NEW VIOS, AVANZA VELOZ, CAMRY, RUSH

Order Sekarang

Hubungi : ARDHI (Toyota Auto 2000)

0856 205 1113

Satu pemikiran pada “Toyota: Perubahan Model Avanza Sedang Diriset

  1. We absolutely love your blog and find a lot of your post’s to be just what I’m looking for.
    Does one offer guest writers to write content for yourself?
    I wouldn’t mind composing a post or elaborating on some of the subjects you write with regards to here.
    Again, awesome website!