PSMS Medan

Nasib PSMS Medan di Piala Presiden 2018

Bola Sports Info

Laga pamungkas grup A di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jumat (26/1) telah meloloskan Sriwijaya FC ke babak 8 besar setelah mengalahkan PSMS Medan 2-0. Sementara Persib dan PSM tersisih dari persaingan di babak selanjutnya sedangkan lolos tidaknya PSMS sebagai runner up terbaik ditentukan oleh hasil laga di grup lain.

Dari data klasemen yang dirilis Liga-indonesia.id (26/1/18), saat ini dari grup A yang sudah dipastikan lolos ke 8 besar adalah Sriwijaya dengan nilai 6 poin memuncaki klasemen disusul PSMS Medan di tempat kedua juga dengan nilai 6 poin namun kalah selisih gol. Ayam Kinantan memiliki surplus hanya 1 gol dan ini sangat rawan jika bersaing dengan runner up di grup lain. Babak 8 besar hanya diikuti oleh 3 runner up terbaik dari 5 grup dan 5 juara grup.

Setelah grup A, posisi juara di grup B akan diperebutkan dalam derbi Kalimantan antara Mitra Kukar dan Barito Putra. Pemenang dari laga ini berhak langsung lolos ke 8 besar. Mitra Kukar cukup bermain draw mengingat mereka sudah mengoleksi 6 poin sementara Barito Putra baru 4 poin sehingga wajib menang cukup 1 gol untuk lolos .

Bermain draw bagi Barito akan membuat klub ini tersisih dari persaingan. Jika Barito menang selisih 1 gol, Mitra Kukar masih berpeluang lolos karena memiliki surplus 2 gol lebih baik dari Medan yang hanya surplus 1 gol dengan poin yang sama.

Grup C menjadi tantangan bagi tuan rumah Persebaya yang wajib menang lawan Madura United. Bajul Ijo, julukan klub asal Surabaya ini baru memiliki 4 poin sehingga butuh kemenangan atas Madura United yang sudah punya 6 poin. Bagi Madura kekalahan tipis dari Persebaya masih membuka peluang lolos karena saat ini mereka sangat produktif memiliki surplus 7 gol. Malapetaka bagi Green Force jika bermain draw.

Baca Artikel lainnya : Vietnam 23 Menjadi 4 Besar Asia

Grup D mungkin bisa dikatakan grup ini yang paling aman bagi Bali United dan Persija. Mereka cukup bermain draw untuk keduanya lolos ke 8 besar dengan nilai 7 poin. Posisi saat ini Persija memuncaki klasemen dengan nilai 6 poin, surplus 5 gol disusul Bali United dengan poin yang sama dan surplus 2 gol. Bali terancam tidak lolos jika kalah dari Persija lebih dari dua gol.

Arema Malang dan Bhayangkara di grup E harus bertarung hidup mati untuk menjuarai grup. Posisi menguntungkan bagi Arema karena cukup bermain draw sudah berhak lolos sebagai juara grup E. Sebaliknya bagi Bhayangkara FC wajib menang untuk lolos, bermain draw apalagi kalah diapstikan gagal lolos.

Dari uraian di atas maka pesaing PSMS adalah Mitra Kukar di grup B, Madura United di grup C, Bali United di grup D. Kemungkinan peluang terbesar menjadi runner up terbaik yang lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2018 adalah Bali United, Madura United dan PSMS Medan atau Mitra Kukar. Sedangkan peluang juara grup adalah Barito Putra (grup B), Persebaya (grup C), Persija (grup D) dan Arema (grup E). Saat ini yang sudah pasti lolos ke fase berikutnya adalah Sriwijaya FC.

Untuk beberapa hari ini, Djadjang Nurdjaman dan Ayam Kinantan Medan masih menunggu firasatnya tidak menjadi kenyataan. Dalam laga Mitra Kukar dan Barito Putra di grup B mungkin jawaban dari firasat Djanur sudah bisa dibaca.

#hensa27012018

Sumber Foto : Liga-indonesia.id