Persib, GBLA Stadium

Peluang Persib ke 8 Besar Piala Presiden

Bola Sports Info

Persib akan menjalani partai pamungkas melawan PSM di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (26/1/2018).   Tuan rumah Persib Bandung yang berada di Grup A turnamen Piala Presiden 2018 berada diujung tanduk sehingga bisa saja tergelincir gagal lolos ke fase selanjutnya. Dari dua laga, mereka hanya satu kali menang 1-0 lawan Sriwijaya FC dan kalah 0-2 dari PSMS Medan. Klub asal Bandung ada diposisi 3 klasemen grup A di bawah PSMS Medan yang berada di puncak dengan 6 poin dan Sriwijaya FC diposisi kedua dengan 3 poin. Persib dan Sriwijaya memiliki poin yang sama namun Persib kalah selisih gol (1-2) dari Sriwijaya (3-1). Bagaimana peluang Maung Bandung untuk lolos dari fase grup ini?

Laga pamungkas ini wajib dimenangkan Klub kebanggaan Bobotoh merupakan langkah pertama yang harus dilewati agar berpeluang lolos dari grup A. Peluang pertama adalah jika Persib menang berapapun jumlah gol nya dan Sriwijaya dikalahkan PSMS Medan maka Maung Bandung berpeluang lolos menjadi runner up terbaik dengan 6 poin dan PSMS Medan juara grup. Jika mereka bermain imbang maka Persib pun menyalip ditempat kedua klasemen.

Untuk lolos langsung dari fase grup, Persib harus menjuarai grup A dan  hanya bisa menjuarai grup dengan syarat Sriwijaya berhasil mengalahkan PSMS Medan dengan skor minimal 3-0 dan Persib menang atas PSM dengan selisih 6 gol. Kemungkinan seperti ini sangat sulit bagi Persib mengingat PSM walaupun hanya diperkuat oleh pemain-pemain muda mereka bermain cukup tangguh walaupun sudah kebobolan 5 gol.

Baca juga artikel : Ini Pekerjaan Rumah Luis Milla

Bagi Persib yang paling realistis adalah mengincar sebagai tiga runner up terbaik grup untuk lolos ke babak 8 besar. Peluang ini sangat terbuka mengingat di grup lain pada laga pamungkas, mereka yang diposisi puncak dan kedua harus saling berhadapan. Kecuali di grup E yang baru memainkan laga kedua fase grup mereka Kamis (25/1/2018).

Misalnya di Grup B Mitra Kukar ( 6 poin) harus berhadapan dengan Barito Putra (4 poin) dan di Grup C Madura United (6 poin) berhadapan dengan Persebaya (4 poin). Mereka harus memenangkan laga atau jika bermain seri yang berada di posisi runner up hanya memiliki 5 poin. Keadaan yang menguntungkan bagi Persib memiliki 6 poin jika mampu menang pada laga pamungkasnya. Sedangkan Grup D Bali United dan Persija yang sama-sama mengumpulkan 6 poin lebih aman lolos ke fase berikutnya jika mereka bermain seri.

Artikel terkait : Peluang PSMS Medan di Piala Presiden 2018

Maung Bandung harus menang lawan PSM Makasar adalah syarat utamanya dan harus pula memperbaiki selisih golnya. Mengingat di grup lain peserta yang memiliki 6 poin memiliki surplus gol lebih baik dari Persib. Mitra Kukar dengan surplus 3 gol bahkan Madura United memiliki surplus 7 gol. Sementara Persebaya dan Barito memiliki surplus masing-masing 2 gol. Hanya juara grup yang langsung lolos ke fase 8 besar dan dari 5 grup hanya terpilih 3 runner up terbaik yang berhak mendampingi para juara grup.

Inilah tantangan pertama untuk Roberto Carlos Mario Gomez membawa keluar Persib dari peringkat ketiga klasemen dan terancam gagal melaju ke perempat final. Belum tantangan lebih berat lagi yaitu juara Liga 1. Sambil menunggu racikannya melawan PSM Makasar, bisikkan pelan-pelan ke telinganya : “Tuh lihat Kang Djanur kembali tersenyum.” Ya benar untuk kali ini Mario Gomez harus tergantung dari kemenangan skuat asuhan Djanur atas Sriwijaya FC.

#hensa25012018