Vietnam

Vietnam Memberi Contoh Bagaimana Menjadi Empat Besar Asia

Bola Sports Info
Vietnam
Vietnam

Pada perempat final kejuaraan Piala Asia U-23 yang berlangsung di China, Timnas Vietnam berhasil lolos menuju fase semi final. Vietnam dalam laga tersebut mengalahkan Iraq 5-3 dalam duel adu penalti setelah skor imbang 1-1 pada waktu normal dan 3-3 di perpanjangan waktu.

Bintang mereka dalam laga tersebut adalah penjaga gawang, Bui Tien Dung yang menggagalkan tendangan penalti Bashar Resan, pemain Iraq sebagai penendang pertama. Penendang kedua hingga ke empat dari Iraq masing-masing Hussein Aymen, Mhawi alaa dan Amjed Attwan berhasil membuat gol. Namun para algojo Vietnam berhasil membuahkan 5 gol dari tendangan, Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, Luong Xuan Truong, Ha Duc Chinh dan Bui Tien Dung sehingga kedudukan menjadi 5-3 untuk Vietnam.  Penendang kelima dari Iraq sudah tidak bisa mengubah kemenangan The Golden Stars.

Selama laga berlangsung Iraq mendominasi permainan dengan menerapkan skema 4-2-3-1 sedangkan Vietnam bertahan dengan pola 5-3-2 hanya melakukan serangan balik melalui dua penyerang mereka. Vietnam berhasil unggul pada menit ke 12 hasil tendangan salto Nguyen Cong Phuong namun Husein Aymen berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke 29. Hingga 90 menit waktu berjalan kedudukan masih 1-1 dan sampai babak perpanjangan waktu skor akhir adalah 3-3. Bahkan dalam babak perpanjangan tersebut sempat memimpin dengan 3-2 ketika Ha Duc Chinh menyarangkan gol pada menit ke 112 sebelum akhirnya disamakan oleh Mhawi alaa menjadi 3-3 dua menit kemudian.

Laga perempat final yang benar-benar menegangkan. Maka sangat wajar jika pelatih Vietnam benar-benar lega setelah laga berakhir untuk kemenangan skuatnya.  Park Hang-seo menyambut kemenangan ini seperti dirilis oleh The AFC.com (20/1/18) : “Saya ingin menyajikan kemenangan ini untuk semua penggemar sepak bola di Vietnam dan saya ingin berterima kasih kepada Federasi Sepakbola kami dan semua orang yang mendukung sepak bola di negeri kami. Sebelum pertandingan saya mengatakan kepada pemain bahwa misi kami adalah tidak mudah, tapi kami memiliki semangat tim yang tidak akan pernah berhenti sampai peluit akhir.”

Artikel terkait : Inilah Target Timnas Garuda di Asian Games 2018

Sementara itu pelatih Iraq harus merasakan kekecewaan yang luar biasa walaupun tetap dirinya sportif mengakui kekalahannya. Abdulghani Shahad kepada situs yang sama mengatakan : “Saya meminta maaf kepada para fans Irak, saya berpikir bahwa tim kami memainkan pertandingan yang baik, terutama dalam serangan. Namun kesalahan defensif kami membuat Vietnam mencetak dua gol dari tendangan sudut. Kesalahan bisa terjadi dalam sepak bola, dan saya mengambil tanggung jawab untuk setiap hasil buruk, terlepas dari kesalahan pemain, seperti kesalahan adalah bagian dari sepak bola.” Demikian pengakuan sportif pelatih Iraq yang patut diberikan apresiasi.

Luong Xuan Truong dan kawan-kawan melaju ke babak empat besar untuk pertama kalinya, dan mereka akan berhadapan melawan Qatar di semi-final yang berlangsung Selasa (23/1/18) di Changzhou. Sementara itu laga semi final lainnya berhadapan Uzbekistan melawan Korea Selatan.

Pencapaian yang menakjubkan dari negara ASEAN ini dan hal tersebut bisa menjadi inspirasi bagi Timnas Garuda U-23 yang akan berlaga di Asian Games 2018 Jakarta.

#hensa21012018