Stadion Senayan

PR Luis Milla dan Timnas Garuda

Bola Sports Info
Luis Milla
Luis Milla

Luis Milla harus bekerja keras mempersiapkan Timnas Garuda yang akan berlaga di Asian Games Jakarta pada 8 Agustus – 2 September 2018. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pelatih asal Spanyol ini. Target yang menjadi tanggung jawabnya adalah lolos menjadi semi finalis atau berhasil menduduki empat besar Asia.

Laga terakhir yang baru saja dilakukan skuat Luis Milla ini adalah ketika kalah 1-4 dari Timnas Islandia, peserta Piala Dunia 2018 Rusia. Secara keseluruhan skuat Timnas Garuda mampu mengendalikan permainan. Statistik yang disajikan oleh Labbola mencatat bahwa penguasaan bola Timnas Garuda mencapai 61%, sedangkan Timnas Islandia hanya 39%. Selain penguasaan bola, akurasi umpan Timnas Garuda juga memiliki persentase sebesar 77% berbanding dengan Timnas Islandia yang hanya 71%.

Angka angka tersebut menjadi tidak ada artinya ketika hasil laga mengalami kekalahan. Aron Gudmunsson cs yang menguasai bola hanya 39% akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 4-1 karena mereka bermain efektif. Permainan efektif yang diperlihatkan anak-anak asuh Heimir Hallgrimsson tersebut tidak bisa diantisipasi oleh skuat Timnas Garuda. Coba perhatikan dari total 18 tembakan yang dilancarkan Islandia, 7 di antaranya tepat sasaran dan 3 tembakan tersebut berujung gol. Sedangkan 12 usaha dari Indonesia 11 di antaranya terbuang sia-sia hanya satu yang berbuah gol.

Apa yang harus dibenahi oleh Luis Milla berkaca pada hasil dalam laga ini? Tentu saja banyak. Hanya yang paling mendesak adalah lini pertahanan yang merupakan lini terpenting dalam sebuah tim sepakbola. Semakin kokoh pertahanan semakin baik menghindari kekalahan. Hal ini bukan berarti lini serang tidak penting, lini depan bisa dipikirkan kemudian.

Perhatikan saat laga kemarin, berkali-kali Fakhrudin keteteran menjaga Aron Gudmunsson. Dua kali dirinya tidak bisa mencegah pemain dengan nomor punggung 10 ini mencetak gol dari hasil solo run. Pada babak pertama menit injury time ketika menyamakan kedudukan menjadi satu-satu, Fakhrudin luput menghadang pemain Islandiaini demikian pula satu golnya di babak kedua. Hansamu Yama juga demikian, harus menghentikan solo run Gudmunsson dengan tackling yang berbuah penalti.

Luis Milla membutuhkan metode bagaimana bisa membangun rasa percaya diri para pemainnya agar mampu menghilangkan rasa mindernya. Mereka harus semangat penuh kepercayaan tanpa rasa takut. Pada Asian Games nanti sudah pasti Timnas Garuda akan berhadapan dengan tim semacam Arab Saudi, Qatar, Syria, Iran, Irak, Uzbekistan, Korea Selatan, Jepang, China dan wakil ASEAN seperti Thailand dan Vietnam. Mereka sudah siap menghadang tuan rumah Asian Games Jakarta 2018.

Coach Luis Milla benar-benar harus bekerja keras bersama timnas Garuda. Selamat berlatih Timnas Merah Putih. Bravo Indonesia.

#hensa16012018 http://autocorner.info