J-League

Fenomena Eksodus Pemain Thailand di J-League

Bola Sports Info
J-League
J-League

Saat ini Thailand sudah menjadi kekuatan sepakbola di ASEAN dibandingkan dengan negara lainnya termasuk Indonesia yang masih jauh tertinggal. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat klub klub J-League terhadap pemain-pemain mereka. Pada awal tahun 2018 ini kembali dua pemain Thailand akan merumput di J-League. Mereka adalah Theerathon Bunmathan dan Chaowat Veerachat resmi bergabung dengan  dua klub kasta tertinggi J1 yaitu Vissel Kobe serta Cerezo Osaka seperti dirilis oleh Fourfourtwo.com (9/1/18).

Fenomena eksodus pemain Thailand menuju J.League Jepang merupakan bukti pengakuan kualitas sepakbola negeri Gajah Putih itu semakin maju. Theerathon dan Chaowat yang akan menjadi pemain ketiga dan keempat setelah Teerasil Dangda dan Chanothip Songkrasin yang berkiprah di J.League untuk musim kompetisi 2018.

Theerathon yang merupakan bek kiri andalan tim nasional Thailand, akan menjadi rekan setim Lukas Podolski di Vissel setelah sepakat meninggalkan klubnya di Thai League T1, Muangthong United dengan menerima kontrak pinjaman selama satu tahun. Kesepakatan transfer mantan penggawa Buriram United itu disampaikan langsung oleh Muangthong United, Selasa (26/12/2017) dengan merespon tawaran langsung yang datang dari kubu Vissel Kobe.

“Ya, saya antusias. Bermain di J.League adalah salah satu mimpi saya, demi meningkatkan kualitas diri sendiri dan juga tim nasional.”Demikian kata bek Tim Nasional Thailand ini seperti dilansir Fourfourtwo.com (27/12/2017).

Pada pertengahan Desember 2017 lalu, Sanfrecce Hiroshima juga sudah memastikan perekrutan bomber tajam Thailand, Teerasil Dangda dari Muangthong menyusul Chanathip Songkrasin yang sudah terlebih dahulu unjuk kemampuan sejak pertengahan J1 musim kemarin. Chanathip berhasil menembus tim inti dan mencatatkan 16 penampilan di liga utama Jepang tersebut.

Sementara itu Chaowat menjadi pemain ke 4 asal negeri Gajah Putih ini yang bergabung dengan Cerezo dengan kesepakatan pinjaman satu tahun dari Bangkok Glass FC. Gelandang Muda berusia 21 tahun seangkatan dengan Evan Dimas ini terlebih dahulu ditempatkan di skuat Cerezo Osaka U-23 yang berkompetisi di J3. Chaowat merupakan talenta muda Thailand yang akan menjadi harapan bagi Tim Nasional mereka di masa depan. Chaowat telah menjadi bagian dari skuat Thailand mulai dari U-16 hingga U-23.

Bagaimana dengan pemain-pemain Indonesia? Pemain-pemain Thailand sudah mulai diminati klub klub Jepang sedangkan pemain pemain Indonesia yang bermain di Malaysia saja mendapatkan kendala justru dari Federasinya sendiri. Nampaknya kita jauh tertinggal dan mungkin semakin jauh terpuruk jika tidak sejak dari sekarang segera berbenah diri.

#hensa09012018

Foto Chanothip Songkrasin Sumber  https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Chanathip_Songkrasin.jpg