Mobil Eropa Harga Seratusan Juta Rupiah

renault-kwid-2016-1

Foto : Renault Kwid (Sumber : indonesiautosblog.com )

Jangan kaget ada mobil kualitas Eropa dengan harga sekitan seratus juta Rupiah. Renault sudah merilis produk barunya di Indonesia. PT Auto Euro Indonesia, baru saja mengenalkan mobil crossover berkapasitas lima penumpang ini bernama Kwid.

“Dengan senang hati kami menyatakan Kwid bukan LCGC, tetapi harganya kompetitif, merek Eropa dan satu-satunya crossover yang berada di kisaran harga itu,” kata Kepala Divisi Penjualan dan Pemasaran Renault Indonesia Ario Soerjo. Mobil berkapasitas mesin 999 cc itu dipasarkan dengan banderol Rp117,7 juta yang berada di kisaran harga mobil-mobil yang mengikuti program Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2) pemerintah atau lebih dikenal sebagai Low Cost Green Car alias LCGC.

Bayangkan Kwid bisa jadi  bisa menjadi penantang mobil-mobil LCGC lima penumpang Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon serta Datsun GO Panca. Apalagi dengan spesifikasi yang berstandard Eropa tentu saja Kwid memiliki daya saing dengan merk merkdi atas.

Coba perhatikan spesifikasi Renault Kwid di bawah ini :

Mesin: tiga silinder 12 katup 999 cc
Transmisi: manual synchomesh lima tingkat percepatan
Tenaga maksimal: 68 hp pada 5.500 rpm
Torsi maksimal: 91 hp pada 4.250 rpm
Suspensi: Mac Pherson strut with lower transverse link (depan), Twist beam suspension with coil spring (belakang)
Roda: 155/80
Velg: R13
Dimensi: 3.679 mm x 1.579 mm x 1.478 mm
Jarak sumbu roda: 2.422 mm
Ground clearance: 180 mm.

Kapasitas mesin yang irit bahan bakar dan body yang kompak sebagai city car akan memudahkan manuver dalam kemacetan. Kini persaingan mobil murah dengan rentang harga Rp 100 juta sampai Rp 150 jutaan semakin memanas. Dengan banderol harga tersebut, masyarakat di Tanah Air sudah bisa membawa pulang mobil low cost green car (LCGC). Akan tetapi, jika ingin sesuatu yang berbeda bisa memilih Renault Kwid.

Mobil ini mengusung tampilan mini crossover. Berbeda dengan pasar LCGC yang diisi oleh model city car dan MPV 7-penumpang. Mobil asal Perancis ini bukan termasuk mobil LCGC kata Ario Soerjo, Head of Sales and Marketing Division PT Auto Euro Indonesia (AEI) yang merupakan agen pemegang merek Renault di Indonesia namun harganya dibandrol sama dengan LGCC,  Spesifikasi dan harga Renault Kwid ini bisa menjadi ancaman bagi para pemain yang terjun di pasar LCGC. Sebagai contoh, crossover bertubuh mungil ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.000 cc. Kapasitas ini sama dengan beberapa mobil LCGC yang dijual di Tanah Air.

Tampilan  Kwid terlihat lebih gagah dari rivalnya lantaran hadir sebagai mini crossover. Seperti yang diketahui, mobil ini dirancang dengan memakai basis Datsun redi GO. Tampilan depan mobil dipermanis headlamp dengan double lamp, grille dengan aksen krom dan bumper yang mengusung desain khas crossover. Dibandingkan pesaingnya dimensi Renault Kwid sedikit lebih panjang, yakni 3.679 mm, lebar 1.579 mm dan tinggi 1.478 mm. Ground clearance mobil ini 180 mm. Untuk layanan pasca jual Renault baru memiliki delapan service center. Akan tetapi konsumen juga dapat memanfaatkan delapan bengkel Nissan yang sudah ditunjuk untuk melakukan perawatan mobil Renault.