CBR150 dari Suzuki VS Yamaha R 15

Foto : Motorbeam/Kompas.com

Tak ingin ketinggalan di segmen sport 150cc, Suzuki menyiapkan Gixxer SF buat bersaing dengan Yamaha R15 dan juga Honda CBR150R. Gixxer SF adalah versi full fairing dari Gixxer.

Suzuki Gixxer ini sebenarnya mempunyai habitat di India, dan Gixxer SF juga disiapkan untuk dipasarkan perdana di tanah Hindustan tersebut. Rencananya, Suzuki India akan meluncurkan Gizzer SF bulan depan.

Pemilihan nama Gixxer SF sempat menjadi perdebatan panjang. Suzuki sudah menyiapkan nama lain, yakni Gixxer SLK sampai Gixxer150R, hingga akhirnya dipilih hanya dengan tambahan SF. Model flagship dari pabrikan berlambang S ini untuk memperkuat segmen sport 150cc yang cukup terkenal di India.

Suzuki Gixxer SF mengadopsi model fairing dari depan, samping menyatu ke buritan yang mengingatkan akan model motor sport Hayabusa. Lekukan tangki bahan bakar juga disesuaikan dengan fairingagar berpadu makin apik.

Sumber penggerak berasal dari mesin satu silinder dengan kapasitas 154,9 cc, berpendingin udara, dengan daya maksimal 14,8 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi 14 Nm pada putaran 6.000 rpm. Mesin dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan.

Di India, Suzuki Gixxer SF hadir dengan dua varian. Rencananya akan ditawarkan dengan harga 85.000 rupee atau setara dengan Rp 17,9 juta.

Penulis : Kompas Otomotif
Editor : Azwar Ferdian
Sumber : motorbeam