Ingat! 4 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Ketika Klaim Asuransi

Bengkel Info

img

Foto : detikOto

Jakarta – Apabila mobil Anda dilindungi dengan asuransi, keuntungan utama yang diperoleh adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk memperbaiki mobil jika mobil Anda mengalami kerusakan.

Jika mengalami tabrakan, Anda tinggal melakukan klaim ke perusahaan asuransi, dan perusahaan asuransi akan memasukkan mobil Anda ke bengkel rekanan untuk diperbaiki. Anda tinggal menunggu mobil Anda selesai, dengan harapan semuanya kembali seperti bagus seperti semula.

Namun, sebaiknya Anda jangan terlalu percaya begitu saja terhadap bengkel rekanan perusahaan asuransi. Hal utama yang perlu dikhawatirkan adalah komponen mobil Anda yang takutnya diganti bukan dengan yang asli, melainkan yang palsu.

Berikut ini adalah empat komponen mobil yang umumnya sering rusak, karena itu perhatikan empat komponen mobil agar tak diganti dengan yang palsu.

1. Spion

Spion merupakan bagian mobil yang paling sering rusak karena bersenggolan dengan motor atau mobil lain. Karena itu, ketika memasukkan mobil Anda ke bengkel rekanan, Anda harus memeriksanya lagi ketika usai diperbaiki.

Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat kaca mika yang digunakan. Jika masih baru, spion palsu memang tak begitu berbeda dengan spion asli.

Namun, setelah beberapa lama, mika spion palsu akan cepat terlihat menguning.

2. Lampu

Lampu mobil juga merupakan bagian yang rentan diganti ketika kecelakaan, baik itu lampu depan maupun belakang.

Jika mobil Anda terlindungi asuransi, Anda pasti merasa lega, sebab harga sepasang lampu mobil sangatlah mahal. Akan tetapi, karena harganya yang mahal tersebut, besar kemungkinan pihak bengkel rekanan mengganti lampu mobil Anda dengan lampu yang palsu.

Sama seperti spion, untuk mengeceknya Anda dapat melihat mika lampu tersebut. Jika palsu, mika lampu tersebut akan cepat menguning.

Sebaiknya Anda meminta kotak atau barang asli atau palsu.

3. Bemper.

Tak seperti spion maupun lampu mobil yang diganti dengan komponen palsu, bemper mobil biasanya diganti dengan bemper rekondisi.

Cukup dengan memperbaiki yang lecet dan mengecat ulang, bemper rekondisi pun terlihat seperti bemper baru.

Untuk mengeceknya, Anda harus melihat bagian dalam bemper tersebut. Jika memang itu merupakan bemper rekondisi, akan terlihat bekas penyok di bagian dalam bemper tersebut.

Jika memang terjadi demikian, Anda bisa melakukan protes langsung ke bengkel rekanan.

4. Kaki-kaki

Hal terakhir yang perlu Anda periksa keasliannya setelah mobil diperbaiki di bengkel rekanan adalah kaki-kaki.

Kaki-kaki mobil biasanya terdiri dari komponen ball joint, tie rod, shock breaker, bushing arm, stabilizer, dan lain sebagainya.

Untuk mengecek seluruh komponen tersebut memang agak sulit karena letaknya yang tersembunyi. Karena itu, Anda cukup melihat kemasan dari seluruh komponen tersebut.

Jika memang komponen asli, ada stiker hologram di bungkus kemasan komponen tersebut.

Atur Duit-detikOto

http://oto.detik.com/read/2014/11/14/165518/2748762/1596/3/ingat-4-komponen-mobil-yang-perlu-dicek-ketika-klaim-asuransi#bigpic

 

ALL NEW VIOS, AVANZA VELOZ, CAMRY, RUSH

Order Sekarang

Hubungi : ARDHI (Toyota Auto 2000)

0856 205 1113